PERTEMUAN KE : 3
POKOK BAHASAN : Korelasi Pearson Product Moment
TUGAS
Contoh : 10 orang mahasiswa yang memiliki waktu belajar berbeda dites dengan tes Statistika MahasSiswa : A B C D E F G H I J
Waktu (X) : 2 2 1 3 4 3 4 1 1 2
Tes (Y) : 6 6 4 8 8 7 9 5 4 6
Apakah ada korelasi antara waktu belajar dengan hasil tes ?
JAWAB
|
Mahasiswa
|
Waktu (x)
|
Tes (y)
|
|
A
|
2
|
6
|
|
B
|
2
|
6
|
|
C
|
1
|
4
|
|
D
|
3
|
8
|
|
E
|
4
|
8
|
|
F
|
3
|
7
|
|
G
|
4
|
9
|
|
H
|
1
|
5
|
|
I
|
1
|
4
|
|
J
|
2
|
6
|
|
Ʃ
|
Ʃx
= 23
|
Ʃy
= 63
|
|
xy
|
x²
|
y²
|
|
12
|
4
|
36
|
|
12
|
4
|
36
|
|
4
|
1
|
16
|
|
24
|
9
|
64
|
|
32
|
16
|
64
|
|
21
|
9
|
49
|
|
36
|
16
|
81
|
|
5
|
1
|
25
|
|
4
|
1
|
16
|
|
12
|
4
|
36
|
|
Ʃxy
= 162
|
Ʃx² = 65
|
Ʃy²
= 423
|
Diketahui :
Ʃx = 23 Ʃy = 63 Ʃxy = 162 Ʃx² = 65 Ʃy² = 423
Ʃx = 23 Ʃy = 63 Ʃxy = 162 Ʃx² = 65 Ʃy² = 423
Penetapan & Interpretasi Koefisien Korelasi dan Koefisien Determinasi
R =
r²
Nilai r = 0,9622 menunjukkan bahwa peubah X (waktu)
dan Y (Tes) berkorelasi linier yang positif dan tinggi
R = r²
= (0.962239478)² = 0,925904813 = 92%
Nilai R = 92% menunjukkan bahwa 92% proporsi
keragaman nilai peubah Y (Tes) dapat dijelaskan oleh nilai peubah X (Waktu)
melalui hubungan linier. Sisanya, yaitu 8% dijelaskan oleh hal-hal lain.


Tidak ada komentar:
Posting Komentar