Senin, 15 Juni 2020

PERTEMUAN 4 KORELASI RANK SPEARMAN

PERTEMUAN KE : 4 
POKOK BAHASAN : Korelasi Rank Spearman

TUGAS
Ada 10 orang responden yang diminta untuk mengisi daftar pertanyaan tentang Motivasi dan Prestasi dalam sebuah kantor. Jumlah responden yang diminta mengisi daftar pertanyaan itu 10 karyawan, masing-masing diberi nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10. Nilai yang diberikan oleh kesepuluh responden tentang Motivasi dan Prestasi itu diberikan pada contoh berikut. Yang akan diketahui adalah apakah ada hubungan antara Motivasi dengan Prestasi.
Diketahui data sebagai berikut ini :

No.
Tingkat Motivasi
Belajar (X)
Hasil Belajar/
Prestasi (Y)
1
50
54
2
56
58
3
58
62
4
59
61
5
62
60
6
62
63
7
62
60
8
63
67
9
64
67
10
65
68

JAWAB
Penyelesaian :
Berdasarkan hal tersebut maka :
1. Judul penelitian  
    Hubungan antara Motivasi belajar dan hasil belajar Prestasi.
2. Variabel penelitian
    Nilai jawaban dari 10 responden tentang Motivasi belajar (X) dan Prestasi (Y). 
3. Rumusan masalah
    Apakah ada hubungan antara Motivasi belajar dengan Prestasi hasil belajar?
4. Menentukan uji hipotesis
    Ho : r = 0 (Tidak ada korelasi atau hubungan yang signifikan antara motivasi dan prestasi).
    Ha : r ≠ 0 (Ada korelasi atau hubungan yang signifikan antara motivasi dan prestasi).
5. Taraf Signifikansi atau taraf nyata (α)
    α = 0,05 atau 5%
6. Membuat Tabel penolong / pembantu
    Tabel penolong untuk menghitung koefisien Korelasi Rank Spearman

Nomor
Responden
Motivasi
Belajar (X)
Hasil Belajar Prestasi (Y)
Peringkat/
Ranking
(X)
Peringkat/
Ranking
(Y)

d

1
50
54
10
10
0
0
2
56
58
9
9
0
0
3
58
62
8
5
3
9
4
59
61
7
6
1
1
5
62
60
5
7,5
-2,5
6,25
6
62
63
5
4
1
1
7
62
60
5
7,5
-2,5
6,25
8
63
67
3
2,5
0,5
0,25
9
64
67
2
2,5
-0,5
0,25
10
65
68
1
1
0
0
(Ʃ) Jumlah =
0
24

7. Perhitungan untuk pengujian hipotesis

Keterangan :
rs : koefisien korelasi rank spearman
d : beda rangking antara variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y)
n : banyak data pengamatan 
8. Menentukan statistik uji / t hitung

Dikettahui : rs = 0,855
Perhitungan :
9. Menentukan kriteria uji / daerah penolakan
Ho ditolak, jika :
t hitung (mutlak) t tabel (α; n-2), dan
Ho diterima, jika
t hitung (mutlak) < t tabel (α; n-2).

Mencari t tabel
Diketahui = t tabel (α; n-2)
                 = t tabel (0,05; 10-2)
                 = t tabel (0,05; 8)

10. Kesimpulan
Ho ditolak, jika : t hitung (mutlak) t tabel
t hitung = 4,654
t tabel = 2,306
Karena t hitung (mutlak) t tabel maka Ho ditolak, artinya Ada korelasi atau hubungan yang signifikan antara motivasi dan prestasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERTEMUAN 14 UJI VALIDITAS

DESKRIPSI MATERI PERTEMUAN KE : 14. POKOK BAHASAN : Uji Validitas (Quesioner) A. PENGANTAR             Dalam suatu penelitian yang...